ENJOY THIS BLOG ! :D

2013 = Hidup Sehat

Rabu, 02 Januari 2013

Dar. Dor. Dar. Dor.
Petasan. Terompet. Kembang Api. -oke, apalagi kalo bukan tahun baru Masehi.
Semarak dengan keramaian di sudut-sudut kota. Bakar bakar apa aja.
Jangan bakar blog, plis.

Berkaitan dengan momen tahun baru masehi, yang masih anget ini, sayang banget rasanya kalo gak bikin postingan baru. Awal bulan loh ! So, January, let's begin ! :D

Postingan awal tahun gak jauh-jauh dari urusan resolusi. Yap, pada tahun ini saya 'mencanangkan' beberapa resolusi dan targetan yang ingin dicapai. Walaupun (lagi-lagi) selalu ada yang bilang : 'nggak  perlu nunggu tahun baru untuk berubah', tapi saya merasa lebih baik dengan menargetkan sesuatu ketimbang melewatkan 'momen ini' tanpa refleksi diri. Semisal urusan akademik, ruhiyyah, dan beberapa targetan yang sifatnya jasmani. Nah, hanya ada satu resolusi yang akan saya bahas kali ini.

Salah satu targetan yang ingin saya capai pada tahun 2013 yaitu membiasakan hidup sehat. Sederhana, tapi ternyata gak mudah. Gagasan ini sebenernya udah cukup lama nempel di kepala, tapi sadarnya lamaaaa banget. Awalnya karena pengenalan saya terhadap beberapa penyakit 'berumur' seperti diabetes, ginjal, liver, bahkan hipertensi, yang bisa berujung stroke atau gagal jantung. Yah, walaupun gak mesti nunggu tua baru kebagian penyakit, karena toh anak muda bisa aja terserang penyakit tersebut kalo dari awal udah salah menjalankan pola hidup. Ini juga menjawab pertanyaan mengapa komplikasi seringkali datang ketika sudah berumur. Akumulasi.

Pola hidup menjadi salah ketika dijalani dengan kegiatan yang merusak kesehatan, seperti merokok,  nge-drugs, minum-minum, dan pola makan yang berantakan. Pentingnya hidup sehat bukan cuma sekedar mitos. Minum alkohol, makan gak teratur, liver kena. Kurang minum air putih, hati-hati ginjalnya. Kebanyakan makan enak berlemak waspada kolesterol dan hipertensi. Kebanyakan gula, diabetes. Belum lagi dampak rokoknya, kemana-mana. Wuih, saya mah serem da. 

Untuk mengawali hidup sehat, cukup dengan NIAT ! bukan sholat aja yang pake niat, hha.. Niatnya mesti kuat dulu, biar nanti ditengah-tengah gak gampang ciut. Karena poinnya di sini adalah membiasakan diri untuk menjaga asupan makanan dengan baik dan rajin olahraga. eits, bukan diet lho! apa jadinya kalo gue ikutan diet, emaaak :(  
Beberapa langkah yang dapat ditempuh seperti perbanyak minum air putih bukan cuma kalo lagi haus (5-8 gelas per hari), perbanyak konsumsi sayur untuk yang satu ini jujur emang gue rada susah :p dan buahmakan teratur, dan olahraga. Olahraga penting, salah satunya buat menjaga kerja jantung. Saya sendiri udah merasakan gimana fisik yang ngedrop padahal cuma naik sepeda emang rada nanjak. Pucat, kunang-kunang, jantung gak karuan, bukan deg degan yang itu loh ini, hhaha.. Pokoknya gak oke banget, beda sama jaman sekolahan dulu lah. Masih muda padahal. Lemah lu! (ngaca) -_-

Sejauh ini, saya masih berusaha membiasakan diri dengan pola hidup yang baru. Belakangan jadi mabok kebanyakan minum, minum air putih tapinya, kembung, ehehe.. Sebentar-sebentar kebelakang buang racun. Gapapa sih, biar sehat :D. Untuk urusan makan, memang harus sedikit memutar otak. Rada males makan, gak teratur pula. emang cari penyakit ya? tabok aja. Urusan makan ini memang sedikit pelik sodara-sodara. Tapi yang namanya hidup sehat, ya harus dijalani sungguh-sungguh. Yakin, masih mau nunda-nunda? 


FYI, beberapa hari yang lalu gue main ke Gramedia, nyari buku tentang kesehatan. Dapet satu buku : Food Combining. Karena gue pikir itu bukunya tentang pola makan yang sehat. Tapi pas dijalanin, kok jadi ngerasa kaya orang diet ya -_-. Jadi sebenernya, food combining itu buat orang diet atau gimana? Lagi gak kepengen diet soalnya. Bagi yang ngerti atau tau jawabannya bisa kirim ke bantu di kolom komentar di bawah, karena hasil googling atau pencarian selama ini belum bisa menjelaskannya. Trims.


0 komentar:

Posting Komentar

dikomen dulu bisa kali :D

-Thanks for visit-

Powered By Blogger