ENJOY THIS BLOG ! :D

Jalan-Jalan, Yuk !

Minggu, 30 Juni 2013

Berawal dari suatu pagi, ketika seorang teman me-retweet sebuah gambar yang muncul di timeline saya.
bah !
Agak lawak memang. Akan tetapi saya sedang tidak ingin fokus pada kalimat di bawahnya. Postingan saya kali ini tidak jauh dari statement di bagian atas : 33 Provinsi, 17508 Pulau, 238 juta penduduk. Tapi kenapa gambarnya harus ini? ya gak kenapa-kenapa, iseng aja. haha.

Indonesia. Terkenal dengan alamnya yang memesona. Gunung-gunung yang kokoh, barisan bukit nan cantik, sungai yang mengalir tenang (yang deres juga ada sih), hamparan sawah (sawah, masih ada, sawah?), kolam susu, Nicholas Saputra, Reza Rahadian, Dude Herlino, oke ini mulai ngawur. hahaha. Yak, diluar carut marut kondisi negri ini, ada baiknya untuk tetap bersyukur dengan berlimpahnya karunia alam di tanah air kita. Dengan segala keragamannya. Dan dari sinilah saya bermula.

Bagi saya pribadi, Indonesia masih cukup menarik. Bayangkan saja, 33 Provinsi dari Sabang sampai Merauke, akan ada banyak sekali hal unik yang dapat dijumpai. Keragaman. Hal ini menjadi salah satu alasan yang membuat saya mengagumi beberapa tempat di negri ini. Ada yang sudah saya kunjungi, beberapa tempat lainnya belum kesampaian. Mungkin suatu saat nanti, InsyaAllah. Semoga saja :)

1. Bukittinggi
Bukittinggi adalah kota yang sangat saya cintai. Kota ini berada di kawasan Provinsi Sumatra Barat, yang sudah tentu alamnya sangat indah, cantik dengan jejeran bukit barisan. Barangkali karena hati sudah begitu terpaut dengan kota ini, membuat saya selalu menomorsatukan Bukittinggi. Bukittinggi sendiri dikenal juga sebagai Kota Wisata. Pun masyarakatnya yang mayoritas minangkabau, masih menjunjung adat istiadat dan kesopanan. Pada dasarnya pepatah adat yang dipegang oleh masyarakat minang ialah adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah. Pepatah tersebut memiliki makna bahwa nilai adat yang berkembang tak lepas dari nilai-nilai syariat yang bersumber dari kitabullah : Al Qur'an. Ulasan lengkap tentang Bukittinggi dapat dibaca di Bukittinggi -Kota Wisata Jadi, apa yang menarik dari kota ini? Bagi saya, s.e.m.u.a.n.y.a :)

2. Bogor
Bogor adalah rumah ketiga bagi saya, setelah Bukittinggi dan Jambi. Kota Hujan yang nyaris kehilangan identitasnya karena sekarang jarang hujan (emang lagi kemarau kali !). Tapi sekalinya hujan, beuh badaaaaai ! Bogor cukup damai untuk ditinggali selama payung ada di tangan, kalo ada yang macam-macam tinggal sodok. Satu hal yang saya sesali dari Bogor adalah : angkot. Bogor itu angkotnya banyak, bikin macet, dan kalo udah ngetem, lamaaaaaaaaaa banget. Yah, sudahlah. Namanya cari rezeki. Bagaimanapun juga, terima kasih buat angkot-angkot bogor yang sudah membantu dalam mobilitas. Mungkin ini namanya, benci tapi rindu #tsaaah pret sekali hahah. Dan yang membuat saya jatuh hati pada Bogor ialah : kedamaiannya, kesundaannya, kenangannya, dan KULINERNYA ! :D

3. Bandung
Paris van Java, demikian istilah yang disematkan pada kota ini. Identik dengan mode fashion yang lagi trend, layaknya Paris, hanya saja berlokasi di Pulau Jawa. Belum banyak yang saya ketahui tentang Kota Bandung. Walaupun Bogor-Bandung dapat dikatakan tak begitu jauh, saya belum berkesempatan mengunjungi kota ini. Daya tarik Bandung bagi saya pribadi, entahlah. Rasanya ada semacam keinginan untuk berkunjung ke kota ini. Barangkali karena kesundaannya (lagi) dan cuacanya yang sejuk- kata orang begitu. 

4. Jogjakarta
Tidak dapat dipungkiri, saya mengenal kota ini dari adegan-adegan film televisi, yang kerap kali menggunakan Jogjakarta sebagai lokasi shooting. ketauan yeee nonton ftv jugak ! dulu, sekali-sekali, sekarang mah kaga lah hahaha. Atau juga dari dagadu, souvenir khas Jogja. Bagi saya kesan yang terpancar dari kota ini kalem, sopan, ramah, halus, dan klasik. Gak ada di tempat lain. Pernah suatu kali saya berkesempatan mengunjungi Jogjakarta, tetapi rasanya belum cukup puas karena waktu yang terbatas. Lain waktu, saya berharap masih diberi kesempatan mengunjungi kota ini. Unik sekali mengingat masyarakat yang hidup berdampingan dengan keraton. Hal semacam itu membuat saya merasa sayang sekali melewatkan kota Jogjakarta.

5. Belitung
Bumi Laskar Pelangi. Ya, saya sangat sangat sangat mengagumi karya Andrea Hirata. Bagaimana ia menceritakan kehidupannya, terutama masa kecilnya sebagai bagian dari Laskar Pelangi. Cerita dengan setting Belitung tersebut mau tidak mau menarik perhatian saya terhadap pulau ini. Ditambah lagi dengan keindahan Pulau Lengkuas, hei, siapa yang tidak tahu? Nah, sudah lama sekali saya memasukkan Belitung beserta Pulau Lengkuas-nya sebagai salah satu tempat yang ingin saya kunjungi. Suatu hari nanti, aamiin ! :)

6. Bali
Ini dia salah satu pulau icon Indonesia, Pulau Bali. Bukan hal yang asing ketika setiap orang ingin mengunjungi Bali. Alhamdulillah, sudah diberi kesempatan menginjakkan kaki di pulau ini. Yah, manusia tetap manusia, tidak pernah puas. Saya merasa belum begitu banyak menjamahi Pulau Dewata ini. Padahal ada banyak sekali tempat-tempat yang mengagumkan untuk didatangi. Pantainya, Tanah Lot, budayanya, masyarakatnya, adalah hal-hal yang membuat saya menyukai Bali.

7. Jakarta
Yak, terakhir adalah ibukota Indonesia : Jakarta. Apa yang istimewa dari Jakarta? Padahal Jakarta itu kan macet, semrawut, sering banjir, kriminalitasnya tinggi, pokoknya gak banget. Lalu, apa? Simpel. Lampu Jakarta malam hari. Tapi kenapa harus Jakarta? Lampu kan di mana-mana banyak. Enggak ngerti juga, barangkali karena di Jakarta banyak gedung, jalan tol, dan saat-saat paling asik menikmati Jakarta adalah : pada malam hari dari atas fly over, ketika di bawah sana jalanan macet dan lampu-lampu mobil menyala. COOL ! :D

0 komentar:

Posting Komentar

dikomen dulu bisa kali :D

-Thanks for visit-